22 December 2011

Tembok kokoh itu bernama Privasi

Masi kembali dalam rangka mengenang masa sma ANARKI 5. kali ini kembali sebuah note dari Igoy yang di tag-nya kebeberapa orang terkait suatu masalah kalo gak salah masih ada hubungannya ma aku juga cuma aku sendiri udah lupa. Note ini di buat oleh Igoy yang udah perhatian ama kelas :)

ini isi notenya :

Privasi dan dalamnya arti sebuah persahabatan. terkadang persepsi antara kita dan sahabat berbeda dalam menelaah arti dalamnya persahabatan. memang dalam orientasinya persahabatan itu diantaranya saling mengerti, saling memahami dan beberapa alasan klise lainnya.

tapi kita juga harus menyadari bahwa cara atau standar kita untuk menyelami dalamnya sebuah persahabatan tidak sama dengan standar yang dimiliki sahabat kita. satu hal yang harus dipahami dalam persahabatan itu ada sebuah tembok besar dan kokoh yaitu sebuah lahan privasi.

privasi, itu yang harus kita pahami. sejauh mana kedekatan kita dengan sahabat kita harus mempunyai batasan-batasan tertentu. jangan sampai menginjak lahan privasi sahabat kita. kita juga tidak dapat menyangkal adanya kelonggaran atau batas toleransi namun batas toleransi itu berbeda antara satu dan yang lainnya.

untuk memperjelas, ada sebuah contoh. sahabat terkadang ada yang yang memasuki lahan privasi kita, pada saat itu kita terkadang merasa tidak ada yang salah karena ada batasan toleransi. namun hal itu tidak sama keadaannya, ketika kita mencoba dan bahkan masuk dalam privasi sahabat kita. bahkan kita dapat dikatakan menginjak privasi sahabat kita karena sahabat kita tersebut tidak mentolerir seseorang masuk dalam lahan privasinya. semua itu dapat terjadi di keranakan batas toleransi setiap orang itu berbeda dan standar yang berbeda tadi.

Jangan mencoba menyamakan standar-standar tersebut karena belum tentu sesuatu yang kita anggap baik, baik bagi yang lain. kereana menyamakan standar itu merubah orang lain agar menjadi yang kita inginkan yang membuat dia tidak menjadi dirinya sendiri. jadi normalnya kita harus menghargai dan saling memahami standar-standar yang berbeda tadi.

Konflik yang terjadi dalam persahabatan itu adalah hal yang biasa jika di tanggapi dengan kepala dingin dan akan menjadi luar biasa kalau di tanggapi dengan keras kepala dan jangan dibiarkan berlarut-larut. coba tenangkan fikiran, jangan hanya mengingat kesalahan-kesalahan yang pernah sahabat anda lakukan karena hal itu menyebabkan sahabat anda tidak akan pernah baik di mata anda. tapi cobalah ingat kebaikan-kebaikan yang pernah ia lakukan begaimana ia pernah berarti di kehidupan anda.

Jadikan konflik-konflik itu sebagai bunga api yang menerangi dan memberi keindahan di gelap malam anda yang tidak berbahaya apabila dijaga tidak sampai membesar. sekali lagi saya tekankan persahabatan itu tidak pernah lepas dari namanya konflik yang berguna untuk mempererat hubungan dan mengetahui satu sama lain lebih dalam.



note ini di dedikasikan khusus untuk sahabat2 yang saya sayangi, semoga kehidupan mereka selalu damai!amin!!!


Dari note ini aku belajar bahwa sedekat apapun kita dengan sahabat "dy" tetaplah "dy", "aku" adalah "aku" sedekat apapun kita tetapi untk suatu hal tertentu masih adanya batasan-batasan yang harus kita jaga. Terlebih bila kita terlibat konflik dengan sahabat yang harus kita ingat bukanlah keburukannya tetapi kebaikan yang telah sahabat kita lakukan untuk kita.

0 komentar:

Post a Comment

Ad Banner

Popular Posts