25 February 2012

Wedges dan Kesehatan

Wedges makin terkenal aja sekarang. Hampir di semua tempat kita bisa menemukan wanita yang memakai wedges.Apalagi bentuknya juga beragam dan juga lucu. Mulai dari anak kuliahan, remaja, ibu-ibu, ampe anak kecil saat ini memakai wedges untuk bepergian.


Keuntungan dari memakai wedges adalah : membuat pemakainya yang tadinya tidak tinggi  (pendek) menjadi terlihat lebih tinggi. Meski begitu bukan berarti orang yang tinggi enggak ada yang make, walaupun udah tinggi mereka tetap memakai wedges agar terlihat semakin tinggi.

Tapi wedges ternyata juga memiliki dampak bagi kesehatan pemakainya, diantaranya:
Banyak peneliti yang mengemukakan bahwa sandal atau sepatu wedges, high heels atau sebangsanya dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh, diantaranya :
  1. Dapat menyebabkan pinggul dan tulang belakang tak sejajar lagu karena perubahan sudut kemiringan pada tulang belakang. Dan masa tubuh yang lebih dominan ke dapan.
  2. Penekanan yang berlebihan terhadap jari kaki, sehingga kemungkinan otot-otot pada jari kaki lebih cepat lelah.
  3. Kaki lebih sering menjinjit menyebabkan sendi pada pergelangan kaki tidak fleksibel. Dan juga membuat otot gastrocnemus terus berkontraksi sehingga otot menjadi lebih pendek dan tegang.
  4.  Menambah tinggi, juga menambah gaya potensial, sehingga tekanan ke bawah atau gaya gravitasi yang diciptakan akan lebih besar, sehingga akan memberikan tekanan yang lebih besar terhadap lower limb (annggota gerak bagian bawah) seperti misalnya sendi antara pelvis dan femur, ataupun sendi pada lutut sehingga fleksibelitas gerakan menjadi terbatas.(dikutip dari Medical Era.com/dan emarifashion.tumblr.com)
Wedges emang lucu dan bisa menambah tinggi pemakainya, tapi meski begitu aku gak terlalu suka make wedges karena bikin pegel. Lebih enak make flat shoes kemana-mana. Makanya aku agak takjub ama orang yang bisa melakukan aktifis mulai dari kerja, kuliah atau sekedar jalan-jalan dengan menggunakan wedges. Apa mereka gak capek yaa?


1 comment:

  1. berarti kita gak boleh sering-sering memakai wedges ya...tpi klo kita memekai kaos kaki muslimahsaat memekai wedges itu apakah bisa membantu untuk menurunkan resiko cidera di otot dan sendi ?...
    mohon pencerahnnya..:)

    ReplyDelete

Ad Banner

Popular Posts