27 March 2014

Waspadai Batuk Lebih dari 2 Minggu!!

Kita semua pasti pernah mengalami batuk. Batuk sering kali dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Padahal bisa saja batuk itu merupakan gejala awal dari penyakit serius seperti penyakit TB atau Tuberculosis.

Apa itu TB??
TB alias tuberculosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman mycobacterium tuberculosis

Bagaimana Penularannya?
TB  itu menular melalui udara dan bisa juga melalui percikan dahak dari penderita TB. Contohnya: saat penderita TB batuk, bersin, meludah bahkan berbicara itu bisa menularkannya kepada orang lain dengan hanya menghirup sejumlah kecil kuman TB


Bagaimana gejalanya??
Batuk terus menerus lebih dari 2 mingggu.  Ini yang paling khas, kalo kalian udah batuk selama 2 minggu ato lebih ada baiknya kalian langsung ke dokter untuk periksa lebih lanjut.Selain itu ciri-ciri lainnya :
  1. Ketika penderita batuk atau berdahak biasanya disertai keluarnya darah.
  2. Penderita mengalami sesak napas dan nyeri pada bagian dada.
  3. Penderita mengalami deman (meriang panas dingin) lebih dari sebulan
  4. Penderita berkeringan pada waktu malam hari tanpa penyebab yang jelas.
  5. Badan penderita lemah dan lesu
  6. Penderita mengalami penurunan berat badan dikarenakan hilangnya nafsu makan
  7. Urin penderita berubah warna menjadi kemerahan atau keruh. Ciri gejala ini muncul pada kondisi selanjutnya

Siapa saja yang bisa terkena penyakit ini?
Jawabannya SIAPA SAJA. Gak perduli itu anak-anak, dewasa, remaja, wanita, pria semua bisa tertular.  Namun, sebagian besar penderitanya itu ada di usia produktif antara 15 – 55 tahun.

Ada obatnya gak sih??
TB ada obatnya, jadi kita gak perlu cemas. Cuma yang perlu diperhatikan adalah penderita harus sabar dan tekun dalam pengobatannya, karena mereka harus minum obat teratur selama 6-8 bulan TANPA PUTUS.

Kalo putus minum obat gimana??
Pengobatan di ULANG LAGI DARI AWAL. Tapi kalo bisa jangan sampai putus minum obat sampai dinyatakan sembuh oleh dokter. Bisa saja nanti kuman TBnya itu jadi kebal ama obat yang ada. Nanti jadi susah sembuhnya.
Semoga dengan tulisan ini kita bisa lebih aware dengan penyakit TB. Sehingga kita, keluarga, teman, tidak tertular penyakit ini. Semoga penderita TB bisa semakin berkurang dari waktu ke waktu.

sumber tulisan : tbindonesia.or.id dan jepitjemuran.com

0 komentar:

Post a Comment

Ad Banner

Popular Posts