01 April 2014

Temukan Pasien TB dengan Pemeriksaan Dahak Mikroskopis

KESEHATAN ITU MAHAL HARGANYA!

MAKANYA KITA HARUS JAGA KESEHATAN!

Gejala paling umum dari orang menderita sakit TB adalah batuk berdahak lebih dari 2 atau 3 minggu. Selain itu masih ada gejala lainnya seperti di postingan saya di Waspadai Batuk Lebih dari 2 Minggu!! Diantaranya :

  1. Ketika penderita batuk atau berdahak biasanya disertai keluarnya darah.
  2. Penderita mengalami sesak napas dan nyeri pada bagian dada.
  3. Penderita mengalami deman (meriang panas dingin) lebih dari sebulan
  4. Penderita berkeringan pada waktu malam hari tanpa penyebab yang jelas.
  5. Badan penderita lemah dan lesu
  6. Penderita mengalami penurunan berat badan dikarenakan hilangnya nafsu makan
  7. Urin penderita berubah warna menjadi kemerahan atau keruh. Ciri gejala ini muncul pada kondisi selanjutnya

Namun, taukah anda bahwa gelaja tersebut bukan hanya gejala untuk penyakit TB saja, tetapi bisa juga gejala untuk masalah kesehatan lainnya pada system pernapasan seperti asma, brongkitis, pneumothorax dan lain sebagainya.

Tapi kenapa untuk gejala tersebut kita harus curiga TB? Bukan Asma, bronchitis, atau pneumothorax? 

Hal ini di karena angka penderita TB di Indonesia termasuk besar meskipun prevalensinya menurun. 

Kutipan dari Kompas.com

"Indonesia peringkat empat terbanyak untuk penderita TB setelah China, India, dan Afrika Selatan. Tapi, itu karena sesuai dengan jumlah penduduknya yang juga banyak," kata Direktur Jenderal Pengawasan Penyakit dan Pengelolaan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI Tjandra Yoga Aditama di sela-sela acara Forum Stop TB Partnership Kawasan Asia Tenggara, Pasifik Barat, dan Mediterania Timur, Senin (3/3/2014), di Jakarta.

Tjandra mengatakan, prevalensi TB di Indonesia pada 2013 ialah 297 per 100.000 penduduk dengan kasus baru setiap tahun mencapai 460.000 kasus. Dengan demikian, total kasus hingga 2013 mencapai sekitar 800.000-900.000 kasus.

Karena jumlah kasus TB di Indonesia masih tergolong tinggi karena itu orang yang datang berobat dengan gejala diatas dikatakan suspek TB.

Lalu apa fungsi uji dahak disini?

Pemeriksaan dahak mikroskopis atau tes uji dahak (saya lebih suka menyebutnya begitu karena lebih gampang)  itu berfungsi untuk menegakkan diagnosis atau singkatnya untuk melihat ada atau tidaknya kuman TB pada dahak pasien, menilai keberhasilan  pengobatan dan menentukan potensi penularan.

Bagaimana cara melakukan uji dahak?

Pemeriksaan dahak untuk penegakan diagnosis dilakukan dengan mengumpulkan 3 spesimen dahak yang dikumpulkan dalam dua hari kunjungan yang berurutan berupa Sewaktu-Pagi-Sewaktu (SPS),
  • S (sewaktu): dahak dikumpulkan pada saat suspek TB datang berkunjung pertama kali. Pada saat pulang, suspek membawa sebuah pot dahak untuk mengumpulkan dahak pagi pada hari kedua.
  • P (Pagi): dahak dikumpulkan di rumah pada pagi hari kedua, segera setelah bangun tidur. Pot dibawa dan diserahkan sendiri kepada petugas di UPK.
  • S (sewaktu): dahak dikumpulkan di UPK pada hari kedua, saat menyerahkan dahak pagi.

Yang harus diingat disini adalah proses uji dahak hanya bisa dilakukan apabila ada surat REKOMENDASI DARI DOKTER. Tanpa surat rekomendasi/anjuran dokter pasien tidak bisa melakukan uji dahak.

Apakah Uji dahak cukup menentukan seseorang TB atau tidak?

Bisa. Asalkan 2 dari 3 hasil pemeriksaan uji dahak menunjukan  hasil BTA positif. Tapi bila hasilnya hanya 1 dari 3 spesimen yang menunjukan hasil BTA positif diperlukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan radiologi yaitu foto thorax. Yang perlu ditegaskan adalah uji dahak merupakan diagnose utama untuk pemeriksaan TB.

Intinya disini adalah bila anda merasakan gejala – gejala seperti diatas, atau melihat keluarga teman tetangga ada gejala diatas SEGERALAH BEROBAT dan lakukan semua anjuran yang dokter katakan. Saya disini hanya berbagi sedikit pengetahuan mengenai penyakit TB yang saya dapat dari berbagai sumber.

Mencegah memang lebih baik dari pada mengobati.
Tapi kalo udah sakit ya diobati
#SembuhkanTB


0 komentar:

Post a Comment

Ad Banner

Popular Posts