21 June 2014

Aku dan Sifat Plegmatis

 
Mereka tak suka terjadi konflik, karena itu disuruh apa saja ia mau lakukan, meski ia tidak suka. Baginya kedamaian adalah segalanya. Jika timbul masalah ia akan berusaha mencari solusi yang damai tanpa timbul pertengkaran. Ia mau merugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya segera selesai.

Kaum plegmatis kurang bersemangat, kurang teratur dan serba dingin, cenderung diam, kalem, dan kalau memecahkan masalah umumnya sangat menyenangkan. Dengan sabar ia mau jadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh untuk mengambil keputusan ia akan terus menunda-nunda. Kalau anda lihat tiba-tiba ada sekelompok orang berkerumun mengelilingi satu orang yang asyik bicara terus, maka pastilah para pendengar yang berkerumun itu orang-orang plegmatis. Sedang yang bicara tentu saja sanguinis.


Berurusan dengan orang plegmatis bisa serba salah. Ibarat keledai, “kalau didorong ngambek, tapi kalau dibiarin tidak jalan”. Jika kita punya pegawai plegmatis, anda harus rajin memotivasinya sampai ia termotivasi sendiri.

KEKUATAN:
* Mudah bergaul, santai, tenang dan teguh
* Sabar, seimbang, dan pendengar yang baik
* Tidak banyak bicara, tetapi cenderung bijaksana
* Simpatik dan baik hati (sering menyembunyikan emosi)
* Kuat di bidang administrasi, dan cenderung ingin segalanya terorganisasi
* Penengah masalah yg baik
* Cenderung berusaha menemukan cara termudah
* Baik di bawah tekanan
* Menyenangkan dan tidak suka menyinggung perasaan
* Rasa humor yg tajam
* Senang melihat dan mengawasi
* Berbelaskasihan dan peduli
* Mudah diajak rukun dan damai

KELEMAHAN:
* Kurang antusias, terutama terhadap perubahan/ kegiatan baru
* Takut dan khawatir
* Menghindari konflik dan tanggung jawab
* Keras kepala, sulit kompromi (karena merasa benar)
* Terlalu pemalu dan pendiam
* Humor kering dan mengejek (Sarkatis)
* Kurang berorientasi pada tujuan
* Sulit bergerak dan kurang memotivasi diri
* Lebih suka sebagai penonton daripada terlibat
* Tidak senang didesak-desak
* Menunda-nunda / menggantungkan masalah.

Dulu waktu Facebook masih berjaya aku pernah iseng iseng ikuta kuis tentang sifat manusia dan hasilnya AKU SI PLEGMATIS *hahaha*. Semua yang dijabarin di atas bener dan emang ada di aku. Kecuali yang aku tandai kuning, itu rasanya – rasanya enggak cocok ada diaku. 

Dan sekarang aku baru benar – benar sadar tentang sifat plegmatis aku. 

Gak ada yang salah dengan sifat Plegmatis, tapi dikasus aku kayaknya harus ada beberapa bagian yang harus dibenerin biar gak terlalu plegmatis – plegmatis banget. Karena sifat plegmatis itu kalo dipikir – pikir bisa menghambat diri sendiri untuk bisa maju dan berkembang soalnya dia kurang bisa memotivasi dirinya.

Bagaimana menurut anda tentang si plegmatis?


sumber : http://ruangkatahati.blogspot.com/2011/12/sanguinis-melankolis-koleris-plegmatis.html dan http://www.ferizkurniawan.com/2014/02/4-sifat-manusia-plegmatis-melankolis_1.html



2 comments:

  1. sama..
    iam plegmatis too
    kadang suka ga nyaman juga sih, selalu ngikutin sesuatu yg sebenernya kurang sesuai dgn perasaan...
    tp buat merubahnya juga susah...hihihi
    nimatin aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiiih ada temennya *tos*
      bener bener bener
      setuju banget
      :D

      Delete

Ad Banner

Popular Posts