30 October 2016

Pendakian Gunung Guntur


Pendakian ke gunung guntur yang jadi wacana dari bulan - bulan lalu akhirnya kesampaian juga. Dengan koordinasi yang mengandalkan chat di grup line, dan sekali pertemuan ecek - ecek di budhi perjalanan ini bisa di bilang SUKSES dan BERKESAN. Pendakian ke gunung guntur ini serba santai dalam artian yang sebenar - benarnya. Mulai dari packing, persiapan logistik, barang - barang yang mau di bawa, perjalanan naik, perjalanan turun bahkan pulangnya.

Rizal yang awalnya mau bareng - bareng berangkat dari Jakarta batal  dikarenakan harus ke Ciamis terlebih dahulu. Jadilah kami berempat janjian ketemu di Rizal di Garut hari sabtu.

PACKING BARANG dan BERANGKAT

H-7 pendakian : meeting point rumah rihan di ciputat, niatnya mau naik primajasa yang di pool ciputat.
H-2 pendakian : meeting point kostan fani, pasar minggu, niatnya mau naik primajasa yang di pool bkn.



Tapi, rencana tinggal rencana.

Kita akhirnya mutusin buat kumpul dan packing awal di kostan fani, di pasar minggu karena disana itu adalah tempat paling tengah. Selain itu juga karena aku mau kuliah dulu sebelum berangkat malam itu. Jadinya kita mau primajasa yang ada di BKN dimana menurut info kalau bis terakhir itu adanya jam 10 malam. Karena aku kuliah cuma sampai jam 7, menurut perhitungan berangkat jam 9 pun cukup buat sampai ke pool primajasa sebelum jam sepuluh.

Jam 7 hampir setengah 8 sampai kostan Fani dan disana udah ada Rihan. Waktu aku dateng mereka berdua masih dalam mode santai, belum bener - bener mulai packing. Pas udah kumpul bertiga masih banyak persiapan yang kurang P3K belum, logistik  yang di dominasi mie, flysheet gak dapet, sb fani baru mau dikirim ama abang gojek dari radal dan rianto yang belum sampe juga.

Musim hujan, flysheet barang paling wajib yang harus ada. Akhirnya malem itu kita mutusin buat beli flysheet. Aku dan fani mutusin buat beli flysheet ke eiger di penvil sekalian beli logistik di hypermart yang harganya lumayan menguras kantong. Eiger penvil gak ada flysheet, lanjut jalan ke consina mampang dan disana stoknya habis, dan akhirnya kita nemu flysheetnya di toko outdoor di kalibata!

Balik kostan udah hampir stengah 10, Rianto udah ada dan kita packing terakhir, dimana kita bawa 2 cariel (Rihan, Fani) dan 2 daypack (Rianto, Irrya). Karena gak bisa parkir motor di kostan fani, akhirnya motor diputusin buat di taro ke budhi asih, tapi  karena yang cewek - cewek belum makan akhir kita makan dulu di cawang. Liat jam dan udah gak mungkin buat ke pool primajasa, dari budhi akhirnya kita putusin buat naik bus dari kampung rambutan. Kita baru sampai terminal kampung rambutan jam 12 kurang! Dapet bis jam 1 kurang dan berangkat jam stengah 2 pagi!.

MENUNGGU dan MENUNGGU!!!!

 Perjalanan Jakarta - Garut kemaren berkisar 3 - 4 jam-an. Kita nyampe di Pom Bensin Tanjung sekitar jam 5 lewat. Di pom bensin itu, saat kita sampai akan banyak supir bak terbuka yang nawarin jasa untuk nganter ke basecamp pendakian gunung guntur dengan biaya 15.000 per-orang.

Sampai di pom bensin tanjung kita langsung sholat subuh dan bersih - bersih sekalian ganti baju buat naik sekalian nunggu rizal yang dari ciamis. Rizal dihubungin susah banget!!!! Di telponin gak diangkat - angkat. Akhirnya kita mutusin buat sarapan dulu dan jajan. Kita nugguin Rizal sampe 4 jam!!!!! Rizal baru nyampe pom bensin tanjung jam 10 :'( dia katanya tidur dulu di mesjid pas jalan ke garut karena ngantuk.

Sarapan sambil nunggu Rizal

MARI DAKI GUNTUR

Setelah Rizal nyampe, akhirnya kita berangkat ke basecamp gunung guntur dengan mobil bak terbuka dengan biaya 60 ribu. Jarak dari pom bensin - basecamp sebenernya gak terlalu jauh, cuma kalau jalan kakai sambil bawa keril sih juga bikin gempor kaki hahhahaha. Sampai basecamp kita melakukan pendataan diri dan packing ulang. 

Dari basecamp kita dengan amat sangat beruntungnya dapet tumpangan truk pasir buat sampai ke jalur pendakian, yang ternyata JAUH juga kalau mesti jalan kaki dari basecamp.

Berusaha buat foto kece diatas trek pasir

 Foto bersama sebelum mulai naik 

Pendakian di mulai!!!!

Jalur pendakian gunung guntur kebanyakan batu - batu gitu. Untuk dari bawah sampai ke pos 1 jalurnya masih landai dan masih ada warung - warung yang jualan disana. Kalian bisa beli air, gorengan, mie dan minuman rasa - rasa disana. Dan kita selalu berheti di tiap warung yang kita temui buat istirahat, walaupun warungnya gak buka pun kita tetep berhenti.

Di jalur pendakian ini, ada satu warung yang rekomen banget buat istirahat, warungnya itu warung yang paling gede tempatnya, dan ada musholla kecil gitu buat sholat. Disana juga tempat istirhatnya juga banyak dan bersih. Kelebihan lainnya adalah pisang gorengnya yang enak. sayang gak ada fotonya :(

Berhent buat istirahat dan minum es teh manis 




Trek Gunung Batu

Trek sebelum sampai pos 1 masih landai dan menyenangkan. Tapi setelah pos 1 kita akan menanjak - menanjak dan menanjak terus dengan batu dimana - mana. Untungnya cuaca kemaren cukup bersahabat. Selama pendakian sempet gerimis tapi gak sampai deres gitu. 

NGECAMP
Gunung guntur ada 3 pos dengan 5 puncak. Pendaki dilarang untuk ngecamp di puncak, dan bila ingin ngecamp bisa dilakukan di pos 3. Oiya, saat di pos kita kita akan disuruh untuk melakukan registrasi dan meninggalkan 1 KTP yang bisa diambil kembali saat selesai ngecamp.

Kita sampai camp sekitar jam 4 sore dan langsung bikin tenda dikarenakan hujan yang mulai deras. Yang cowo - cowo berusaha untuk bikin tenda, sedangkan yang cewenya beres - beres dan masak.

Garut malam hari

 Usaha maksimal biar keliatan di foto

Foto rusuh di dalam tenda

MENDAKI PUNCAK

 Disaat lagi enak - enaknya tidur kita dikagetin dengan suara cewek dari tenda sebelah yang teriak karena tendanya KEMALINGAN. Guntur emang rawan maling, waktu registrasi di pos 3 kita udah diingetin ama penjaga pos 3 buat ngejaga barang - barang berharga karena guntur rawan maling. Dari nguping obrolan mbaknya itu ama pendaki lain yang nyamperin mbaknya, yang ngasih tau kalau ada cowok yang masuk tenda mereka dan ngambil tas salah satu temannya. 

Kita yang dengar rame - rame diluar langsung cek barang - barang kita dan setelah AMAN langsung tidur lagi. Mau nanjak buat sunrise tapi semua pada mager buat packing tenda gelap - gelap. Abis sholat subuh baru deh mulai packing buat naik ke puncak.

 Kita siap untuk ke puncak!!!

Dari hasil tanya - tanya dari pos 3 ke puncak itu kurang lebih satu jam, dan kita lansung semangat. Berarti gak jauh dong yaa puncaknyaaa.
                                                            

                                                                           Trek ke puncak

Foto ala - ala di jalur ke puncak


                                                       Yang cowonya gak mau ketinggalan

Perjalanan yang katanya cuma 1 jam itu tenyata lebihhhhhhhhh. Dan pas udah sapai di puncak ternyata masih ada puncak yang lain. Kita di PHP-in :( nyampe di puncak satu rasanya "kok gini doang?" syedih gitu dan rasanya udah males buat lanjut ke puncak 2. Tapi berkat Rizal akhirnya kita mendaki ke puncak 2 dan GAK NYESEL.



Kita di PUNCAK!!!!

5 Keong di puncak guntur

Pani - Rihan

Rianto - Rihan - Rizal

Rizal - Irrya

Turun dari puncak

Jalur turun dari puncak itu pasir berbatu. Aku gak bisa turun dengan jalan, jalan pasti jatuh terus walaupun udah di ajarin ama rianto. Dan akhirnyaa milih perosotan aja deh dari pada jalan. Tapi udah lumayan deket ama pos 3 akhirnya turun di bantuin ama Riano - Rihan :D


Its a great journey with you guys :*


0 komentar:

Post a Comment

Ad Banner

Popular Posts