Skip to main content

Belajar dari Keluarga





Waktu liburan sekolah saat aku masih SMP aku berlibur ke kampung Ibu dan papa aku yang  memang satu kampung namun hanya berbeda jarak rumah beberapa meter saja. Yang pulang kampung waktu itu gak cuma aku aja tapi ibu, kakak, om dan tante aku juga ikut.
 
Awal – awal tinggal dikampung aku gak sadar dan gak meratiin. Tapi setelah beberapa hari aku baru sadar ada yang sedikit berbeda dari “tante aku”. Tante aku swaktu itu saat makan selalu makan dan minum dengan menggunakan piring dan gelas  yang sama setiap harinya. Piring dan gelas itupun seingat aku juga tante membawanya sendiri. Lalu aku juga pernah melihat tante beberapa kali minum obat dari kantung plastik obat yang dibawanya kemana-mana. 

Aku gak nanya ke tante kenapa dia begitu. Yang aku tau ibu aku Cuma bilang “Tante tu TBC. Makanya piring gelasnya gak boleh sama ama kita” ibu aku Cuma bilang gitu aja ama aku. Dan aku gak tanya lebih lanjut ke ibu karena aku tau sedikit tentang TBC/TB itu dari buku pelajaran biologi di sekolah di materi system pernapasan mengenai gangguan-gangguan pada system pernapasan.

Yang aku tau dari pelajaran biologi aku itu TB itu gangguan system pernapasan yang disebabkan oleh infeksi Mycobacterium tuberculosi merupakan penyakit menular yang bisa menular melalui udar (bersin, bayuk, dahak) dan lain sebagainya. Pada saat itu aku tidak tau kalau orag yang mendertita penyakit TB harus rutin meminum obat dari dokter selama 6 bulan atau lebih dan tidak boleh putus minum obat tersebut bila ingin sembuh.

Karena kejadian itu sekarang baru aku mulai menyadari tentang bahaya penyakit TB yang dulu saya anggap sepele. Dan baru sekarang juga saya tau bahwa penderita penyakit TB ini di Indonesia cukup banyak. Dari ilmu kesehatan yang aku pelajari dan sumber bacaan di internet aku juga semakin tau mengenai penyakit yang pernah di alami salah satu anggota keluargaku.

Mencegah memang lebih baik dari pada mengobati.
Tapi kalo udah sakit ya diobati
#SembuhkanTB

Comments

Popular posts from this blog

[ Review ] Acnes Facewash Deep Pore Cleanser

Berhubung lagi gak tau mau nulis apa jadinya aku mau nulis tentang facial wash yang baru aku beli yaitu ACNES FACEWASH DEEP PORE CLEANSER. Gak sengaja nemu facewash ini di minimarket pas abis selesai makan sate padeh ama ririh ama sherly.

Kenapa aku beli?? 1Aku beli karena tertarik ama kemasannya yang ada warna ungunya hehehe. 2Aku juga baca salah satu manfaat facewash ini itu untuk membantu MENCEGAH KOMEDO. Karena muka aku itu berminyak masalah utama aku udah pasti adalah jerawat dan komedo makanya aku jadi makin tertarik buat beli.Sebelumnyaaku juga udah pernah make produk acnes yang acne treatment series. Cukup lama make produk acnes treatment series karna acnes creamy wash dan acnes foaming washnya cocok di wajah aku. Tapi karena satu dan lainnya aku jadi beralih ke produk laen hehhe

Ko SeungJae Alasan Ngikutin Return Of Superman Lagi

Buat penggemar acara korea Return of Superman yang ditayangin KBS pasti familiar dengan triplet Daehan – Minguk – Manse. Gara – gara triplet ini saya jadi tertarik buat nonton Return Of Superman dan jadi suka ama Haru, Sarang dan si kembar Soeon – Seojun. Tapi satu – satu mulai keluar dari acara tersebut seperti Haru, terus Sarang dan yang terakhir si kembar tiga Daehan – Minguk – Manse. Waktu Haru gak masalah toh masih ada sarang. Sarang keluar toh masih ada Daehan – Minguk – Manse. Tapi pas Daehan – Minguk – Manse keluar rasanya acaranya jadi gak asik lagi dan gak seru. Jadilah mulai berhenti nonton acara tersebut😔😔
Suatu hari muncullah itu muka si Ko Seungjae di home youtube saya. Karena mukanya yang lucu saya putusin buat nonton dan ternyata dia anaknya LUCU BANGET dan PINTER dan lansung suka ama dia💖

Di episode pertama gabung di Return Of Superman (163) Seungjae di Tanya oleh krue “Kamu suka ayah kamu gak?” dan dengan polosnya Seungjae menjawab “Tidak”😻😻😻Tapi walaupun bilangny…

Konsul I : dr. Yeyen Yovita Mulyana SpKK, M.Kes

Selasa 8 Mret 2016 kemaren akhirnya memutuskan untuk peri ke dokter kulit buat beresin masalah muka. Dari akhir Januari kemaren itu muka aku itu jerawatan di pipi kiri kanan. Terus jerawatnya juga yang besar - besar dan merah gitu. Selain itu juga kalo satu ilang yang muncul bisa dua, belum lagi ngilangin bekasnya yang pasti lamaaaaaaaa banget.
Karena itulah akhirnya ke dokter kulit, dan milihnya ke kliniknya dokter Rani Novian di jalan Radio 1 No. 2. Tempatnya gak terlalu jauh dari kostan jadi salah satu alasan kenapa melilih untuk konsul di klinik dokter Rani, tapi alasan sebenernya adalah aku bisa konsul di dokter yang sama setiap konsul. Soalnya pernah ke klinik dokter gitu tapi setiap kontrol dan konsul ketemunya ama dokter yang beda - beda terus, jadinya males deh buat balik kesana lagi. Selain itu hasil searching sana - sana orang - orang yang berobat disana hasilnya cukup memuaskan.