Weekly Journal 3 : Cara Mengikuti RUPS untuk Sekuritas Indopremier


Holla
I’m Back again
🌻🌻🌻🌻

Udah skip dua minggu gak nulis weekly jurnal karena malas tentunya. Sekarang mumpung libur long weekend dan aku memang tidak ada kegiatan apa – apa jadilah aku memaksakan diri untuk menulis weekly jurnal ini. Selain itu aku memang dari awal udah niat buat nulis tentang RUPS ini.

Jadiii….

Apa sih RUPS itu?

RUPS itu merupakan rapat umum pemegang saham. Jadi setiap tahun itu perusahaan terbuka itu selalu ngadain RUPS yang berkisar di pertengahan tahun seperti sekarang. Biasanya kalau RUPS tahunan itu gak jauh – jauh dari yang namanya pembagian dividen. Dividen adalah bagi hasil usaha yang di berikan oleh perusahaan kepada seluruh pemegang saham.

Dari awal beli saham aku memang udah niat buat ikut RUPS. Hasil pencarian di googling dari RUPS kita bisa dapat info – info penting terkait perusahaan saat RUPS berlangsung. Selain itu beberapa emiten perusahaan juga katanya suka menyediakan merchandise gitu untuk perserta RUPS. Makanya aku tertarik buat ikut RUPS.

Di forum diskusi banyak yang bilang kalau untuk undangan RUPS akan dikirimkan melalui email oleh pihak sekuritas. Baiklah. Saya pun menunggu undangan tersebut, ternyata sampai selesai tanggal RUPS saya tidak terima undangan apapun. Untungnya undangan RUPS ini bukan di Jakarta, jadi saya tidak terlalu kecewa.

Tapi untuk dua emiten lainnya saya tida boleh gagal. Jadilah saya cari tau bagaimana caranya agar bisa ikutan RUPS, apa lagi RUPS tersebut dilaksanakan di Jakarta.

Saya menggunakan sekuritas Indopremier (IPOT) jadi buat yang menggunakan sekuritas yang berbeda saya kurang tau apakah caranya sama atau tidak. Untuk bisa ikut RUPS minimal harus memiliki 1 lot (100 lembar) saham sebelum tanggal recording date.

Langkah awal untuk bisa ikut RUPS adalah kita harus tau Jadwal Pelaksanaan RUPS diadakan. Jadwal RUPS bisa di lihat di aplikasi IPOTGO – List Saham – Cari saham yang kamu mau ikuti – Lalu pilih corporate action & RUPS. Atau bisa juga melalui RTI bisnis, hanya saja di RTI bisnis ageda RUPS tidak di tuliskan disana.

Jadwal dan Agenda RUPS

Setelah itu kita harus meminta KTUR (Konfirmasi Tertulis Undangan Rapat Umum Pemegang Saham) ke pihak Indopremier melalui email support@indopremier.com dengan subjek request KTUR  dan menyebutkan nama, nomer SID, nama emiten dan tanggal RUPS. Email saya di balas 1 hari setelah saya mengirim email permohonan request KTUR. Kalau ada masalah dalam request KTUR via email bisa kontak admin IPOT di telegram, tinggal search aja di Telegram ada kok.

Nanti di email balasan Konfirmasi KTUR dari Indopremier bakal ada attachment berupa KTUR yang berisi data diri kita, jumlah saham yang kita miliki tanggal dan tempat pelaksanaan RUPS diadakan.

Email berisi KTUR

Nanti pada saat hari-H RUPS kita hanya perlu membawa KTP saja sebagai tanda pengenal untuk bisa masuk ke tempat acara.

Udah deh beres, udah siap untuk ikut RUPS.

Oiya, seperti yang aku kasih tau di atas kalau sebagian sekuritas itu ada yang otomatis mengirimkan KTUR kepada investor pemegang saham. Tapi ada juga yang seperti Indopremier yang harus request untuk bisa dapat KTUR-nya. Jadi banyak - banyak cari info tentang sekuritas yang mau kalian gunakan dan sedang kalian gunakan.

Bye
πŸ’“πŸ’“πŸ’“

Comments

Popular posts from this blog

[ Review ] Acnes Facewash Deep Pore Cleanser

Ko SeungJae Alasan Ngikutin Return Of Superman Lagi

Rekomendasi Lagu BTOB untuk Hari - Hari