Weekly Journal 4 : Ikut Kurban 2019 Pakai Tabungan 20 Ribu

Tidak ada komentar

Salah satu keinginan aku ditahun 2019 ini adalah bisa ikut berkurban saat hari raya idul adha. Selama kurang lebih 5 tahun kerja, kayaknya aku belum pernah berkurban. Padahal akan lebih bagus kan kalau setiap tahun bisa berkurban, karena hukum dari berkurban itu adalah sunnah muaakad.


Tapi yaa namanya anak muda sukanya happy happy dan habisin duit buat jajan, jadilah dulu - dulu mana pernah kepikiran buat bener - bener siapin duit buat berkurban. Duitnya kebanyakan abis buat jajan - jajan barang yang gak jelas atau abis gak jelas aja duitnya 😁.

Padahal kalau memang udah di niatin untuk berkurban, kita secara otomatis juga akan memikirkan bagaimana caranya supaya duit kita bisa cukup untuk berkurban. Hal tersebutlah yang berusaha aku terapin suapaya keinginan berkurban tahun ini bisa terlaksana.

Di postingan terakhir Kekuatan 20 ribu periode Januari - April dimana di akhir postingan aku memang menuliskan tabungan 20 ribu periode Mei - Juli 2019 ini akan aku gunakan untuk berkurban dan "sukses dilakukan". 

Walaupun sebenernya, duit yang terkumpul dari tabungan 20 ribu itu masih kurang dari harga hewan kurban yang mau di beli. Tapi, seenggaknya dengan adanya tabungan 20 ribu ini aku berhasil kumpulin setengah harga dari harga hewan kurban tahun ini. Jadi, aku tinggal nambahin dikit dari duit aku buat nambahin beli hewan kurban.

Tabungan 20 ribu periode Mei - Juli 2019 terkumpul sebesar 920 ribu rupiah. Sementara harga sapi kurban setelah di bagi tujuh orang yaitu 1 juta 500 ribu. Berarti ada selisih kurang lebih 600 ribu yang mesti aku tambahin biar bisa ikut kurban, yang duitnya aku ambil dari gaji aku.

Oiya,

Sapi kurban aku memang harganya 1 juta 500 ribu per-orang. Harganya jauh lebih murah di banding di Jakarta karena aku kurbannya di kampung nenek aku bareng - bareng dengan keluarga aku lainnya. Harga sapi kurban yang lebih murah di kampung, alasan lainnya aku berkurban dikampung yaitu aku kurban bareng - bareng bersama keluarga. Selain ini sapi kurbannya akan diurus oleh keluarga aku dan mereka yang akan memilih dimana tempat untuk berkurbannya. Dimana biasanya nenek aku akan memilih tempat di kampungnya tempat yang membutuhkan untuk berkurban.

Jadi,

Sebenernya gak ada alasan untuk gak bisa berkurban. Harga hewan kurban itu kan bisa di prediksi dan kita bisa menyiapka diri kita dengan mulai menabung yaa minimal 3 bulan sebelum lebaran idul adha seperti aku bila kalian duitnya sering abis gak jelas untuk jajan. Kalau mau lebih ringan bisa dari setahun sebelum lebaran haji. Cara lainnya bisa juga berkurban di tempat yang harga sapinya lebih murah seperti cara aku diatas.

Dan

Sebelum tahun 2019 berlalu salah satu list aku untuk tahun 2020 adalah bisa berkurban lagi ditahun depan. Tapi masih belum tau sih mau mulai nabung dari kapan. Tabungan 20 ribu periode Agustus udah di mulai, tapi tujuan tabungan masih belum tau untuk apa. Kemungkinan  kalau tidak ada tujuan mendesak di tahun ini, tabungan itu akan aku jadikan untuk uang kurban di tahun 2020 besok.


Cheers
🌻🌻🌻


Tidak ada komentar