Tahap-Tahap Inseminasi Buatan

Holla!

Setelah sekian purnama akhirnya aku kembali lagi. Kali ini aku mau share sedikit tentang mengenai tahapan - tahapan iseminasi buatan. Mungkin masih ada yang belum tau mengenai iseminasi buatan bisa baca lengkapnya disini.


Bukan hanya untuk hewan, ternyata inseminasi buatan bisa dipakai sebagai salah satu jalan alternatif bagi pasangan  yang belum dikaruniai anak. Inseminasi buatan adalah salah satu metode yang digunakan untuk program kehamilan dengan cara menginjeksi sperma langsung ke serviks atau rahim agar terjadi pembuahan. Ada beberapa prosedur injeksisperma sebelum dilakukan inseminasi buatan.

1. Pemeriksaan sebelum dilakukan inseminasi buatan.

Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan sebelum dilakukan inseminasi buatan. Karena kondisi kesehatan juga akan mempengaruhi tingkat kesuburan. Adapun tes yang sering dilakukan adalah:

🔴 Analisis sperma, diperlukan sperma yang berkualitas agar inseminasi buatan bisa berhasil.
🔴 USG panggul, pemeriksaan inj diperlukan untuk mengetahui tuba falopi Anda tidak tersumbat atau terhalang sesuatu.
🔴 tes hormon, untuk membantu dokter untuk mengetahui seorang wanita memiliki hormon yang cukup dalam tubuhnya untuk berovulasi.

2. Stimulasi ovarium.

Stimulasi ini dilakukan dengan mengonsumsi atau menyuntikkan obat kesuburan pada tubuh Anda. Tujuannya adalah untuk membantu mendorong pelepasan telur dan mendorong telur agar cepat matang. Selama stimulasi, dokter akan memantau pertumbuhan dan perkembangan folikel dengan melakukan tes darah atau USG.

3. Persiapan sperma

Akan dilakukan pencucian dan persiapan pada sampel sperma dari pasangan Anda. Proses ini untuk memilih sperma yang baik dan tidak. Sperma yang diambil hanya sperma yang memiliki konsentrasi dan motilitas tinggi untuk mencapai telur.

4. Memasukkan sperma

Dalam tahap ini tidaklah sakit dan tidak terasa. Karena peletakan sperma melalui kateter tidaklah terasa, seperti pemeriksaan pap smear. Dokter akan menyarankan tetap berbaring atau langsung berdiri. Tidak perlu khawatir sperma bocor, karena sperma sudah dialihkan langsung ke dalam rahim.

Sebelum memutuskan untuk inseminasi buatan. Ada baiknya pasangan mengetahui permasalahannya. Kemudian cari cara untuk mengobatinya. Dan salah satunya adalah pengobatan infertilitas pria.
1. Lakukan pembedahan jika penyebabnya adalah varicocele.
2. Antibiotik untuk mengobati infeksi pada organ reproduksi.
3. Pengobatan dan konseling untuk mengatasi ereksi atau ejakulasi dini.
4. Pengobatan hormon jika itu masalahnya tingkat hormon yang terlalu tinggi atau rendah.

Comments

Popular posts from this blog

[ Review ] Acnes Facewash Deep Pore Cleanser

Ko SeungJae Alasan Ngikutin Return Of Superman Lagi

Konsul I : dr. Yeyen Yovita Mulyana SpKK, M.Kes