Akhirnya Pasang IUD Juga

Tidak ada komentar
irrya IUD


13 Desember 2021

Setelah tertunda hampir 3 bulan akhinya tanggal 13 Desember 2021 aku berhasil pasang IUD juga. Sebuah pencapaian besar buat aku yang takut dengan tindakan medis. Disuntik aja takut, lah ini pasang IUD lebih takut lagi sebenarnya😟

Takut pasang IUD
tapi 
Aku lebih takut lagi tambah anak dalam waktu dekat ini.

Sampai sekarang anak aku sekarang 4 bulan, aku tidak memiliki kesanggupan baik fisik, mental maupun finansial kalau tiba - tiba ada anak lagi. Jadi, menggunakan kontrasepsi wajib untuk bisa menunda kehadiran anak.

Kenapa IUD??

Jauh sebelum punya anak aku sudah mencari tau tentang jenis - jenis kontrasepsi yang ada. Dari semua pilihan yang ada, menggunakan IUD adalah yang kontrasepsi yang paling cocok untuk aku. Sekali pemasangan untuk keamanan selama 5 tahun 😁 Kegagalan dari penggunaan IUD itu < 1 % dan tidak perlu perawatan khusus. Cukup datang ke dokter / bidan untuk pasang IUD dan beres deh.

Tapi memang buat orang - orang yang takut dengan tindakan medis, memutuskan untuk memasang IUD itu pasti tidak mudah, karena saat pemasangan IUD vagina kita akan dibuka dengan menggunakan cocor bebek. Membayangkannya aja sekarang aku masih mules loh πŸ˜‚ Padahal saat pemasangan IUD juga sebenarnya gak sakit kok kalau gak tegang dan takut.

Kunci sukses aku berhasil pasang IUD adalah percaya dengan dokter yang aku pilih untuk memasang IUD dan tidak menunda - nunda pemasangan IUD. Kalau kita percaya dan yakin dengan dokter yang sudah kita pilih, semua akan terasa lebih mudah.

Dokter yang memasangkan IUD aku adalah dr. Dewi Saraswati Gaduh, SPOG di rumah sakit Hermina Jatinegara. Aku memilih dokter Dewi karena kakak aku sebelumnya pasang IUD juga dengan beliau, dan hasil dari testimoni kakak aku pasang IUD dengan beliau tidak sakit. Selain itu, rumah sakit Hermina Jatinegara juga dekat dengan tempat kerja aku. Jadi, cuss lah pasang IUD disana pas di hari kedua menstruasi.

Testimoni dari kakak aku sungguh tidak salah. Sungguh mantap sekali dokter Dewi ini, beliau sangat ramah dan juga menenangkan aku yang saat itu berkata dengan jujur kalau aku sebenarnya takut. Beliau tidak memaksakan untuk pasang IUD malah menyarankan untuk memakai pil KB atau sistem kalender. Tapi, pasiennya ini tetap kekeh mau pasang IUD aja.

Bahkan saat aku bertanya sakit atau tidak dokternya mengatakan kalau dia pasti akan berhenti kalau  pasiennya kesakitan. Dia gak mau kalau pasiennya merasa sakit. Dan itu beneran loh, saat itu aku merasa sedikit sakit karena aku memang tegang, dokternya langsung berhenti saat aku bilang sakit. Dan yang aku suka, dokter ama perawatnya gak ada tu yang bilang mesti tenang, jangan tegang gitu - gitu. Dokternya malah suruh perawatnya untuk cari alat yang lebih kecil dari yang saat itu digunakan karena aku tegang. Karena aku berusaha untuk mencoba tenang, dan pemasangan IUD berhasil. 

Pemasangan IUD gak lama ternyata. Mungkin kalau dari awal aku gak tegang bakal lebih cepat proses pemasangannya dan aku gak bakal merasa sakit. Setelah aku mencoba untuk tenang, aku gak merasa sakit saat dokter melakukan tindakan.

Oiya, setelah pemasangan IUD selesai akan dilanjutkan dengan pemeriksaan USG transvaginal yaaa untuk melihat posisi IUD-nya. Jadi, jangan kaget yaaa kayak aku, karena aku pikir bakal di USG di perut seperti USG kandungan 😁

Jadilah, sekarang aku sudah menggunakan IUD untuk jangka waktu 5 tahun. Aku diminta kontrol 3 bulan lagi sama dokternya. Tapi gak sama dia juga gak papa kata dokternya, karena beliau tau aku kerja di RS juga, jadi kalau mau cek RS tempat aku kerja juga tidak masalah.


Untuk biaya pemasangan disana aku total kena sekitar 780 ribu-an kayaknya, aku lupa harga pastinya, yang jelas gak sampai 800 ribu. Itu semua sudah termasuk pendaftaran rs, tindakan, dan obat. 

Buat yang mau pasang IUD tapi masih takut semoga bisa segera mendapatkan keberanian yaa.
Buat yang cari dokter oke buat pasang IUD bisa coba ke dokter Dewi Saraswati Gaduh di Hermina Jatinegara πŸ’•πŸ’•

See you

Tidak ada komentar