Daycare Adalah Jalan Ninjaku

Tidak ada komentar
Daycare
Menunggu hujan reda di daycare

Alasan Memasukkan Anak ke Daycare

Sebagai wanita pekerja, disaat usia kehamilan aku mencapai usia sekitar 7 atau 8 bulan aku sudah memutuskan untuk menitipkan anakku nantinya di penitipan anak atau daycare. Melihat kondisi keluarga dan kenyamanan aku dan suami, daycare adalah keputusan yang paling cocok untuk kami.

Alasan kami memasukkan anak ke daycare adalah:
1. aku dan suami sama - sama bekerja
2. kami merasa tidak nyaman bila ada bukan anggota keluarga yang tinggal bersama kami
3. aku merasa daycare lebih aman dibandingkan menitipkan anak kepada art atau sejenisnya
4. anak mendapatkan stimulus sesuai dengan usianya

Sampai sekarang Kai mau berusia 2 tahun menitipkan Kai ke daycare-nya saat ini adalah keputusan yang terbaik yang aku buat sejauh ini. 

Sedari awal aku memang tidak memiliki ekspektasi yang tinggi dari penitipan anak. Saat itu aku hanya berharap, Kai dijaga dengan baik dan disayang oleh guru - guru Kai yang ada disana. Dan, untungnya daycare Kai sangat melebihi dari yang aku harapkan. 

Kai masuk penitipan dimana belum berusia 3 bulan, dimana diusia segitu aku belum tega kalau harus memandikan Kai sebelum dia bangun sehingga Kai selalu mandi pagi di daycarenya. Bahkan sekarang pun, Kai terkadang masih mandi disana disaat pagi aku antar dia belum bangun. 


Kegiatan di Daycre
Cap tangan Kai dari kegiatan di daycare

Keuntungan Anak di Daycare

Kelebihan lainnya anak di daycare tumbuh kembang Kai tidak hanya dipantau oleh guru - guru yang ada di daycare, tetapi juga ada Psikolog anak yang datang setiap bulannya untuk turut memantau. Hal ini sangat membantu aku sekali, terutama disaat Kai di diagnosa oleh dokter anak ASD. Oleh daycare, aku difasilitasi untuk bisa bertemu dan konsultasi dengan psikolog yang rutin datang ke daycare.

Kesehatan anak juga menjadi perhatian di daycare. Saat pandemi lalu, para guru - guru disana selalu menggunakan masker. Pemberian vitamin A juga bisa didapatkan di daycare. Penimbangan berat badan juga rutin dilakukan setiap bulannya.

Saat sakit anak juga diperhatikan khusus oleh guru disana. Kita orang tua juga akan di informasikan oleh guru mengenai keadaan anak. Bahkan aku pernah diminta membawa Kai untuk periksa ke dokter karena ada ruam merah di beberapa bagian tubuh Kai yang ternyata itu flu singapur.

Setiap hari ada kegiatan untuk menstimulasi kegiatan anak. Salah satu yang paling aku ingat adalah saat Kai berhasil berjalan sendiri di daycare dimana aku di kirimkan video Kai belajar jalan tersebut. Sehingga aku tidak merasa terlalu tertinggal mengenai hal - hal mengenai Kai.


Kegiatan di daycare
Hasil cap kaki Kai dari kegiatan di daycare


Karena sangat pentingnya peran daycare di hidup aku, sehingga di saat ada cuti bersama atau libur bersama cukup bikin pusing. Pekerjaan aku dan suami tidak mengenal cuti atau libur bersama, dimana disaat orang - orang kebanyakan libur kami tetap harus bekerja.

Untungnya sampai saat ini masalah menjaga Kai saat libur bersama masih bisa diatasi. Entah kami titipkan ke orang lain, aku atau ayah Kai yang libur bahkan kalau sudah mentok mau tidak mau dibawa ketempat kerja.

Karena itu daycare itu amat sangat penting untuk aku!
Terima kasih daycare Kai sudah menjaga Kai selama iniπŸ’•πŸ’•πŸ’•


kegiatan manasik  haji di daycare
Bonus foto Kai ala - ala pakai pakain ihram untuk menyambut idul adha😍



Tidak ada komentar