Cara Berobat Ke RSCM Kirana dengan BPJS

22 komentar
RSCM KIRANA


RSCM Kirana merupakan Departemen Khusus Mata yang di miliki oleh RSCM. Memiliki 1 gendung sendiri yang terpisah dari Unit Rawat Jalan Terpadu RSCM. Lokasinya berada di Jl. Kimia. Sehingga untuk pemeriksaan terkait penyakit mata dilakukan di RSCM Kirana.

Diawal bulan Desember Papaku akhirnya di rujuk ke RSCM untuk penyakit matanya yang tak kunjung sembuh dan oleh dokter harus dirujuk ke dokter mata spesialis infeksi imunologi di RSCM. Sebelum papa dibawa ke Jakarta, aku mencari tau dulu mengenai cara pendaftaran dan dokter yang bertugas. Biar saat sampai di RS kita bisa konsul dengan dokter di hari yang sama. 

BACA : PENGALAMAN RAWAT INAP DENGAN BPJS DI SARI ASIH CILEDUG


PENTING

Pendaftaran pasien di RSCM saat ini sudah harus dilakukan secara online melalui aplikasi RSCMKU yang bisa di download di Playstore dan Appstore. Baik pasien baru ataupun lama harus melakukan perjanjian online terlebih dahulu di aplikasi RSCMKU. 

Panduan Penggunaan RSCMKU : Klik Disini

Panduan Registrasi Pasien Baru Melalui Aplikasi RSCMKU: Klik disini


PASIEN BARU

Pada aplikasi RSCMKU kita hanya perlu mengikuti dan mengisi sesuai pentunjuk di aplikasinya hingga sampai tahap verifikasi. Verifikasi akan dilakukan oleh petugas pendaftaran pasien baru dimana nanti kita akan mendapatkan nomor rekam medis kita. Saat verifikasi pasien harus ikut datang karena akan dilakukan pindai sidik jari.

Untuk pasien baru pengambilan nomor antrian untuk pendaftaran pasien baru sudah di buka dari jam 6 pagi, dan loket pendaftaran di buka jam 7 pagi. Oleh informasi RSCM yang aku hubungi kita disarankan untuk datang lebih pagi. Aku datang jam 6 lewat 2 menit, dan nomor antrian yang aku dapatkan sudah nomor 13.

Jangan lupa saat datang pertama kali ini untuk membawa rujukan asli dan foto copyan rujukan. Rujukan yang asli akan tetap kita pegang, sementara foto copy rujukan akan diambil oleh security untuk diberikan label nomor antrian.

Nanti saat tepat jam 7 pagi nomor antrian akan mulai dipanggil, lalu kita akan diantarkan oleh security untuk ke bagian pendaftaran untuk melakukan verifikasi. Setelah itu kita bisa langsung naik ke lantai 2 tempat poli - poli mata berada.

PASIEN LAMA

Sebagai pasien lama dengan adanya perjanjian online di aplikasi RSCMKU ini membuat kita tidak perlu datang pagi - pagi sekali karena kita cukup datang 30 menit sebelum  jam jadwal kontrol yang kita buat di aplikasi RSCMKU.

Pada saat mencetak SEP kita hanya perlu menyiapkan kartu BPJS dan barcode perjanjian online yang ada di aplikasi RSCMKU. Kalau dulu nomor SEP akan dicetak dikertas, namun sekarang nomor SEP sudah langsung ada di aplikasi RSCMKU bila kita selesai melakukan pendaftaran. Setelah itu kita tinggal naik ke lantai 2 tempat poli mata berada.

Saat pertama kali berobat ke RSCM Kirana mungkin akan sedikit bingung, Tapi, disana petugasnya sangat membantu dan juga ramah. Kita pasti akan diarahkan, jadi jangan segan untuk bertanya kepada petugas atau sesama pasien dan penunggu pasien untuk mendapatkan info. 

Mungkin ada baiknya juga bila pertama kali ingin berobat ke RSCM Kirana bisa lihat info terbaru di instagram RSCM Kirana siapa tau info yang dibutuhkan sudah ada disana.


Untuk informasi lebih jauh mengenai RSCM Kirana  bisa cek dibawah ini yaa :

Instagram RSCM Kirana : @rscmkirana_mata

WA Center  Melati RSCM Kirana : 081317285930 


Salam Sehat๐Ÿ’“๐Ÿ’“


22 komentar

  1. Sekarang lebih dimudahkan dengan bisa pendaftaran secara online ya, Mbak. Terus ada kemudahan lagi bagi pasien lama. Jadi tidak perlu datang pagi-pagi, karena sudah buat janji.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mas, pendaftaran online ini memang membantu sekali. Terutama untuk manajemen waktu.

      Hapus
  2. Semoga papanya lekas sembuh yaa. Lalu minta rujukannya ke RS mana, Kak? Tulisannya bantu banget bagi aku yang belum pernah pake BPJS sama sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.
      Makasih banyak kak.
      Saya awalnya dari rsud di pekanbaru kak baru dirujuk ke rscm jakarta

      Hapus
  3. kalau diikuti sesuai prosedurnya, memudahkan ya berobat dengan bpjs ini
    apalagi untuk mendaftarnya juga bisa dilakukan secara online, jadi gak kelamaan ngantre

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa semakin kesini memang semakin lebih mudah mbak berobat pakai bpjs ini.

      Hapus
  4. Iya nih perlu persiapan rujukan dulu ya. Nah...dari Puskesmasnya harus bener-bener diapproved sama dokternya deh.
    Semoga Papanya cepat sembuh yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak, alhamdulillah karena diagnosanya udah jelas rujukannya lebih mudah dapatnya mbak.
      Terimakasih banyak doa nya mbak

      Hapus
  5. Emang sekarang semua lebih mudah ya daftar online. Apalagi pake aplikasi RSCMKU jadi ngga perlu dateng pagi2 banget. Mending pantau IG biar lebih update ya. Sehat2 ya papa..

    BalasHapus
  6. Wah ini bermanfaat sekali karena banyak dokumen yang harus dipersiapkan ya. Jika sudah prepare mungkin bisa memangkas waktu persiapan terlebih dahulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak, asal semua berkas lengkap dan sudah daftar online berobatnya bisa lebih sat set lagi

      Hapus
  7. seneng banget kalo ada tempat yang bisa memanfaatkan teknologi untuk menghemat waktu kita. dulu aku sellau bete kalo ke rs dan harus antri. iya kalo cuma bentar, lha ini lama banget. untungnlah sekarang udah banyak rs yg nerapin antri online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa aku juga senang banget mbak. Sangat membantu mengurangi lama antrian pendaftran online ini

      Hapus
  8. Penting banget mengetahui gimana cara berobat di rumah sakit tertentu dengan menggunakan BPJS. Karena kadang kala, ada pihak yang merasa berurusan dengan rumah sakit dengan BPJS tuh ribet dan kadang berbelit-belit gitu deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dulu juga mikirnya gitu mbak, tapi setelah dicari tau dan menjalani sendiri ternyata gak ribet sebenernya menurut saya

      Hapus
  9. Aku juga pernah lahiran pake bpjs di Surabaya. Aslinya ngga ribet kok asal memang ada indikasi kalau kudu dirujuk, serta paham alur pendaftaran, dan sabar. Alhamdulillah juga RS rujukan sangat kooperatif dan nggak membeda-bedakan pasien

    BalasHapus
  10. Bisa mendaftar secara online ini sangat-sangat membantu. Kasihan kalo pasien (yang pastinya sedang tidak sehat) harus diribetkan lagi dengan pendaftaran di lokasi, plus harus menunggu pula.

    BalasHapus
  11. rumah sakit sekarang pendaftarannya hampir menggungaan sistem online. gak ada yang daftar on the spot. di satu sisi enak sih tapi di sisi lain kalo mepet ya susah juga. oia, jangan lupa kalo mau berubat ke rumah sakit pastinya bikin rujukan dulu ya tapi pastikan juga surat rujukannya belum kadaluarsa. soalnya saya pernah gitu, lupa cek eehh udah antri lama lama gak jadi kontrol, hiks

    BalasHapus
  12. rumah sakit sekarang pendaftarannya hampir menggungaan sistem online. gak ada yang daftar on the spot. di satu sisi enak sih tapi di sisi lain kalo mepet ya susah juga. oia, jangan lupa kalo mau berubat ke rumah sakit pastinya bikin rujukan dulu ya tapi pastikan juga surat rujukannya belum kadaluarsa. soalnya saya pernah gitu, lupa cek eehh udah antri lama lama gak jadi kontrol, hiks

    BalasHapus
  13. Sekarang semakin mudah mencari informasi dan melakukan pendaftaran secara online ya, Kak. Apalagi setiap RS sudah berusaha makin dekat dengan masyarakat termasuk melalui sosial media. Kita pun sebagai masyarakat jadi dapat kemudahan

    BalasHapus
  14. Semoga Papanya kakak dan Kak Irryalucita sekeluarga selalu sehat ya. Layanan BPJS membantu banget lho di masa sekarang emang, dan better lakukan pendaftaran online dulu saja biar gak kelamaan antrinya

    BalasHapus
  15. Ternyata RSCM ini ada beberapa kliniknya gitu ya.. Tapi namanya jadi RSCM Kirana dan RSCM Kencana. Dengan pendaftaran online begini, lebih memudahkan yaa.. Gapake ada penumpukan antrian. Informasi ini kudu dibaca bagi yang membutuhkan panduan berobat pertama kali di RSCM Kirana.

    BalasHapus