Manfaat Aplikasi RSCMKU

23 komentar
Aplikasi RSCMKU merupakan aplikasi yang dibuat oleh RSCM bagi pasien yang berobat di RSCM. Sejak Desember 2023 kemaren aku juga menggunakan aplikasi RSCMKU karena mendampingi papa yang saat ini sedang berobat di RSCM Kirana untuk pengobatan mata.

Manfaat Aplikasi RSCMKU

Awalnya aku berpikir aplikasi RSCMKU ini digunakan hanya sekedar sebagai media untuk pendaftaran online untuk pasien di RSCM. Ternyata aplikasi RSCMKU ini memang benar - benar dimanfaatkan oleh RSCM untuk mempermudah pasien dalam berobat.  

Beberapa manfaat aplikasi RSCMKU yang sudah aku rasakan :

PERJANJIAN ONLINE

Pendaftaran Online



Berobat di RSCM sekarang dilakukan dengan peranjanjian online terlebih dahulu di aplikasi RSCMKU. Sekarang pasien wajib sudah terdaftar secara online dulu baru bisa berobat ke RSCM.

Adanya perjanjian online ini membuat kita bisa memilih tanggal dan jam praktek dokter yang diinginkan. Aku sendiri selalu memilih jam 11 - 12 biar tidak terlalu buru - buru di pagi hari. 

Tapi jam ini hanya berlaku untuk saat kita untuk cetak SEP yaa. Ketemu dokternya bisa nunggu lebih lama lagi karena antrian pasien yang memang banyak.


ANTRIAN POLI


Pada aplikasi RSCMKU kita juga bisa tau no antrian kita dan nomor antrian yang sedang dipanggil. Walaupun menurut aku antrian poli ini gak berguna sih sebenarnya.

Pada kenyataannya pemanggilan pasien untuk ke dokter tidak berdasarkan urutan nomor antrian yang kita miliki. Aku sendiri juga gak tau kenapa bisa begitu. Karena kalau ditanya hanya dijawab masih belum, tunggu saja ๐Ÿ˜‘๐Ÿ˜‘

nomor antrian online RSCMKU
aku nomor antrian 19 tapi yang dipanggil nomor 30 duluan


LABORATORIUM

Antrian Laboratorium RSCMKU



Untuk pemeriksaan laboratorim sekarang kita sudah tidak mendapatkan surat pengantar laboratorium karena sudah langsung ada di aplikasi RSCMKU. Mulai dari jenis - jenis pemeriksaan yang akan dilakukan dan persiapan untuk pemeriksaan sudah tersedia juga.

Nomor antrian laboratorium juga "katanya" bisa melalui aplikasi RSCMKU, cuma aku belum pernah nyoba jadi belum bisa info lebih lanjut.

Hasil pemeriksaan laboratorium juga sudah tersimpan baik di aplikasi RSCMKU. Jadi kita gak perlu lagi ambil hasil ke laboratorium karena sudah bisa langsung di cek disana juga hasilnya. Kecuali dokter yang dituju memerlukan print out hasil seperti dokter di Poli Anestesi. 

Aku sendiri selama ini ke poli mata dan poli penyakit dalam mereka tidak pernah meminta print out hasil, karena dokter bisa langsung memeriksa hasilnya lewat sistem.

ANTRIAN FARMASI


Farmasi RSCM


Pada saat kita membuka antrian farmasi akan ada notifikasi persetujuan untuk pengambilan obat. Setelah itu kita bisa mengetahui nama Farmasi tempat pengambilan obat.

Sepertinya farmasi di rscm ada banyak. Aku sudah pernah mengambil obat di Farmasi Kirana dan Farmasi satelit utama.

Diantrian farmasi kita bisa melihat proses obat di order sampai obat siap diberikan. Jadi, kita bisa datang ke farmasi saat obat sudah siap.

Status resep farmasi rscmku


Tapi, untuk Farmasi satelit utama kita tetap harus datang dahulu ke bagian farmasi untuk menuliskan nama, nomor rekam medik dan poli yang meresepkan obat. Setelah itu kalau mau ditinggal juga bisa. Kita tinggal datang kalau obat sudah siap di bagikan dan menunggu nama kita di panggil.

KEKURANGAN APLIKASI RSCMKU

Peningkatan layanan aplikasi rscmku saat ini menurutku sudah baik. Tapi, masih tetap memerlukan peningkatan. Beberapa kali saat akan digunakan aplikasinya terjadi kesalahan dan kita harus mencoba beberapa kali untuk berhasil.

Erorr RSCMKU


Selain itu disana juga ada antrian radiologi, namun sayangnya sampai saat ini masih belum bisa digunakan. Alangkah bagusnya kalau antrian radiologi bisa seperti antrian laboratorium juga.


KELEBIHAN APLIKASI RSCMKU

Selain kegunaan yang sudah disebutkan diatas, ada satu kelebihan dari aplikasi rscmku yang aku suka yaitu dia bisa digunakan di banyak device tanpa harus log out dari salah satunya. Ini membantu sekali karena aku bisa membantu mendaftarkan dan memantau hasil lab meskipun aku tidak bersama papa atau mama di rumah sakit.

Sekian dan semoga postingan ini bisa membantu๐Ÿ’“

23 komentar

  1. enak nih kalo bisa antri online. apalagi di RS kan kadang rame banget ya. kalo dulu kan harus ambil antrian pagi trus dateng dikira-kira jam berpa gtu. skrg udah ada estimasi jam kita masuk hihi memudahkan sekali

    BalasHapus
  2. Dibilang ribet, ya gimana ya, memang prosesnya begitu sih. Justru malah jadi lebih mudah sih menurut saya ya. Bisa memilih waktu untuk berobat sesuai dengan tanggal yang diinginkan.

    Mungkin sistemnya masih eror ya mengenai antrian poli ini. Semoga aplikasinya bisa lebih baik lagi ke depannya nanti.

    BalasHapus
  3. Wah alhamdulillah ada aplikasi RSCM ku ini ya mbak
    Pendaftaran jadi lebih mudah dan efisien ya

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah semakin dimudahkan berobat ke RSCM ya, drngan berbagai layanan. dulu waktu Bapak saya sakit tahun 2008 belum ada. Jadi ribet juga harus datang pagi-pagi, antre lagi, harus nunggu lama.

    BalasHapus
  5. Memudahkan banget ada aplikasi RSCMku untuk ke RSCM. Bisa langsung daftar online ya Kak? Di Bandung, ada RS yg harus daftar online, tapi sampai RS masih hrs ambil nomer. Tapinya lagi...engga boleh dateng langsung, harus daftar online dulu malem sebelumnya. Bingung kaaan...

    BalasHapus
  6. Enak yaa ada aplikasi RSCM jadi memudahkan bagi para pasien dan keluarga / pendampingnya. Lebih praktis dan cepat, tanpa cara manual lagi seperti dulu. Semoga papanya lekas sembuh ya.

    BalasHapus
  7. Senang seklai kalau sebuah institusi sudah memiliki aplikasi untuk mendukung keceatan layanan, meskipun memang kadnag banyak kendala karena masih tahap pengembangan dan uji coba sampai ketemu yang tepat.

    BalasHapus
  8. Beberapa rumah sakit sekarang udah banyak yang bikin aplikasi seperti ini. Jadi pasien mudah untu tau informasi terbaru tentang jadwal ptaktek dokter dan layanan rumah sakit lainnya. So far inj membantu banget lho!

    BalasHapus
  9. Aplikasi RSCM ini semakin memudahkan ya, mengurangi antrian pasien, sehingga pasien tidak perlu menunggu lama saat akan periksa atau kontrol

    BalasHapus
  10. Beneran memudahkan sih kalau ada aplikasi RSCMKU. Secara ya, urusan di rumah sakit tuh kadang nggak hanya soal periksa doang. Ada hal-hal lainnya. Jadi, semacam punya shortcut gitu kalau ada aplikasinya.

    BalasHapus
  11. Membantu bgt nih kalo hrs antre di rumah sakit. Tahu sendiri rumah sakit pemerintah tuh yg periksa bnyk bgt.

    Dgn aplikasi RSCMku, kini antre berobat bahkan ambil pelayanan tertenty di RSCM mkn mudah ya kak. Ga ada lagi yg berjibun di depan pintu masuk. Inovasi yg keren dr RSCM nih.

    BalasHapus
  12. Wah enak ya sudah ada aplikasi begini. Kalau di sini ada aplikasi tapi sistemnya masih mbrudulan malah nyusahin.

    BalasHapus
  13. Se-praktis itu aplikasinya
    Wah jadinya mudah untuk pasien dan bagian faskesnya juga nih.
    Sehat-sehat selalu untuk keluarga kak Irry

    BalasHapus
  14. Enak nih kalau ada aplikasi online seperti ini. Bisa memudahkan pendaftaran dan atur jadwal

    BalasHapus
  15. beneran praktis dan memudahkan pasien untuk berobat dengan layanan aplikasi rscmku ini. semoga aplikasinya makin dikembangkan dan menjadi layanan unggulan di RSCM ya

    BalasHapus
  16. Urusan berobat jadi lebih mudah kalau pakai aplikasi ini, mudah bukan hanya untuk pasien tapi juga untuk petugas kesehatan yaa.

    BalasHapus
  17. Waaah RSCM udah ada aplikasinya lagi, kereeenn! Semoga bisa disusul sama RS2 lain, biar kalo ngantri ngga dua kali nunggu, online nunggu, offline pun juga

    BalasHapus
  18. Aplikasi RSCMKU mudah diakses yah, kak. Jadi ngebantu banget buat berobat, etapi sistem antreannya kudu diperbaiki, kesel juga kalo nggak sesuai gitu. Percuma dong pake antrean, hmm..

    BalasHapus
  19. Keren sih rumah sakit RSCM udah punya aplikasi sendiri yaitu RSCMku. Jadi memudahkan pasien yang mau antri janjian sama dokter biar nggak nunggu lama-lama. Walaupun seperti kakaknya bilang aplikasinya belum sempurna tapi setidaknya lebih modern sih. Apalagi itu soal penerimaan/penebusan obat di farmasi jelas banget alurnya

    BalasHapus
  20. Kehadiran aplikasi seperti ini mempermudah untuk pendaftaran ya mba, pastinya juga ga perlu datang untuk ambil antrian ya, sehingga pasien menjadi lebih mudah ketika akan berobat

    BalasHapus
  21. alhamdulillah banget ya sekarang udah banyak rumah sakit yang punya aplikasi sendiri. termasuk Aplikasi RSCMKU ini nih. di Bandung juga hampir semua rumah sakit juga pakai aplikasi. daftar bisa online gak ribet ngantri lagi. terus bisa tahu jadwal dokter dan ada dokter apa aja di rumah sakit itu. membantu banget sih.

    BalasHapus
  22. alhamdulillah banget ya sekarang udah banyak rumah sakit yang punya aplikasi sendiri. termasuk Aplikasi RSCMKU ini nih. di Bandung juga hampir semua rumah sakit juga pakai aplikasi. daftar bisa online gak ribet ngantri lagi. terus bisa tahu jadwal dokter dan ada dokter apa aja di rumah sakit itu. membantu banget sih.

    BalasHapus
  23. Salah satu hikmah Covid yaa.. Semua sekarang serba digital dan ini bisa jadi salah satu alternatif buat yang sakit untuk bisa istirahat dulu di rumah dan gak terlalu lama berada di Rumah SAkit dengan antrian online menggunakan aplikasi RSCMKU.

    Kebantu banget pastinyaa..

    BalasHapus