Ramadhan Series 2023 : Baju Baru di Lebaran

Tidak ada komentar
Baju baru lebaran

Baju baru alhamdulillah
Tuk dipakai di hari Raya
Tak punya pun tak apa - apa
Masih ada baju yang lama

Mendekati lebaran lirik lagu diatas selaku terngiang - ngiang gak sih di kepala kita. Apa lagi lebaran itu identik banget dengan baju baru. Terutama untuk aku yang emang dari dulu kecil tiap lebaran pasti di beliin baju baru buat lebaran. Karena waktu masih bocil ya taunya lebaran itu buat dapat baju baru, makan enak terus dapat THR deh dari om - tante๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Tapi sekarang, di usia aku yang sudah ada di angka 3 ini lebaran itu udah gak identik lagi dengan baju baru. Aku itu mulai merasakan perubahan ini mungkin udah di 5 tahun terakhir kali ya, setelah beberapa tahun bekerja dan memiliki penghasilan sendiri.

Salah satu penyebabnya menurut aku adalah karena aku sudah menghidupi diri sendiri tanpa bantuan dari orang tua lagi. Sehingga aku mulai belajar untuk menentukan prioritas kemana uangku akan digunakan saat lebaran. Tapi memang, baju baru itu tidak pernah jadi prioritas utama aku. 

Prioritas utama aku dulu saat lebaran itu adalah membeli tike pesawat PP Jakarta - Pekanbaru. Selanjutnya adalah makanan dan minuman untuk lebaran. Terakhir tentu saja untuk bagi - bagi duit sama adek - adek sepupu yang lumayan banyak juga kalau ketemu pas lebaran.

Bahkan disaat sekarang sudah menikah dan memiliki anak, baju baru disaat lebaran juga bukan prioritas utama. Tahun ini juga kami tidak membeli baju lebaran karena saat lebaran kami juga tidak kemana - mana. Bahkan sepertinya suami aku juga tetap masuk kerja saat lebaran besok. Keluarga yang akan dikujungi juga tidak ada. Jadi, pakai baju yang sudah ada saja๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

 Oiya,

Saat nulis inipun  aku baru sadar pertambahan usia dan menghidupi diri sendiri itu sangat mempengaruhi hidup aku. Sehingga pola pikir selalu ada baju baru saat lebaran sekarang udah gak ada lagi. Setelah bekerja aku belajar bagaimana mengatur prioritas keuangan aku, terutama disaat lebaran dimana penghasilan paling banyak itu akan keluar disaat lebaran. 

Apalagi sekarang aku sudah berkeluarga, semakin bertambah daftar prioritas yang harus diutamakan๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Tapi, lebaran bukan hanya sekedar baju baru aja kan?
Ada banyak nilai yang lebih penting di hari lebaran dibandingkan dengan baju baru saja.

Tidak ada komentar